Sunday, December 3, 2017

Shalat Subuh di Masjidil Haram kembali Ke Aziziah Melalui Mina Transit Station dan  Mahbasjin.

Mina Transit Station ialah salah satu terminal yang terletak dibelakang Istana Raja. digunakan untuk tujuan ke terminal Mahbas-Jin dan sebaliknya. Jamaah yang akan meninggal Masjidil-Haram, setelah selesai shalat Subuh, maka harus jalan kaki sekitar 100 meter, menuju Mina Transit Station, sebagai tempat Naik bus menuju Terminal Mahbas-Jin. Selanjutnya di Terminal Mahbas-Jin kita naik bus menuju pemondokan masing-masing khususnya jalur Aziziah.

Jutaan jamaah menuju Mina Transit Station, yang terletak dibelakang istana menunggu bus untuk di angkut ke Terminal Mahbas-Jin, sehingga sebelum masuk, untuk menghindari desak-desakan antar sesama jemaah serta menjaga agar antrian naik bus serta berjalan tertib, maka pemerintah arab saudi telah membuat, sekat kamar tunggu dengan sistem buka tutup.Setiap sekat kamar tunggu bisa menampung kurang lebih 100 orang, dan jumlah sekat kamar tunggu kurang lebih 25 kamar. cara kerjanya setelah sekat kamar tunggu penuh semua, lalu ditutup sambil menunggu bus angkutan keterminal Mahbas-Jin. Jika bus sudah datang, maka jamaah dilepas masuk
Transit Station, Kemudian Sekat kamar tunggu dibuka kembali sampai penuh begitu seterusnya sampai jamaah habis.
Dalam menaiki bus harus hati-hati kerena ratusan jamaah secara bersamaan berlomba-lomba naik ke bus, masing-masing mengandalkan kekuatan, tampa memperdulikan yang lain. Disini juga perlu di jaga barang-barang berharga kita jangan sampai kita kehilangan karena banyak juga disini tangan-tangan nakal. Setiap buas muatannnya kurang lebi 100 orang , namun karena banyaknya jamaah maka muatannya bus bisa sampai 200 orang, sehingga dalam bua ada yang duduk dan banyak juga yang berdiri. Disini diperlukan kesabaran bagi jamaah.
Setelah bus penuh maka jamaah di angkut ke terminal mahbas-jin. Semua jamaah Turun disini untuk mencari mobil yang sesuai dengan jurusan tempat pemondokan masing-masing jamaah. Naik bus di terminal Mahbas-Jin juga penuh sesak, kadang mobil yang disediakan oleh pemerintah juga di naiki oleh jamaah dari negara lain yang kebetulan satu jurusan dengan pemondokan kita. Mobil yang kita naiki berjalan sesuai dengan rute yang ditentukan dan berjalan 24 jam atau full time.




0 comments:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Copyright © 2013. HAJI DAN UMRAH - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger