Wednesday, November 29, 2017



Taukah Anda Mengapa bentuk bagunan dari  Haijir Ismail setengah Lingkaran.

 

Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail telah membangun Ka’bah secara sempurna, termasuk di dalamnya Haijir Ismail ini.  Kemudian dinding Ka’bah sempat roboh, akibat bekas kebakaran, dan banjir yang menerjangnya.  Kemudian pada tahun 606 Masehi, kaum Quraisy merobohkan sisa dinding Ka’bah, lalu merenovasi kembali.

Akan tetapi karena kekurangan dana yang halal, untuk menyempurnakan pembangunan sesuai pondasi, yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, akhirnya mereka mengeluarkan bagian bangunan Haijir Ismail, dan sebagai gantinya mereka membangun dinding pendek, sebagai tanda bahwa, ia termasuk di dalam Ka’bah.  Hal ini dilakukan, karena mereka telah memberikan syarat pada diri mereka sendiri untuk, tidak akan menggunakan dana untuk pembangunan Ka'bah kecuali dari dana yang halal.  Mereka tidak menerima biaya dari, hasil pelacuran, tidak juga jual beli riba, dan tidak juga dana dari menzalimi seseorang Taukah Anda Berapa Ukuran Bagunan Hijr Ismail.
Hijir Ismail mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun sampai tampak pada masa Raja Salman tahun 2016 . Adapun Ukuran dari Bagunan Hijr Ismail. Yaitu Tinggi dinding tembok Hijr Ismail 1,32 m. Tebal dinding 1,5 m. Jarak antara dua pintu Hijir 8,77 m. Jarak antara dinding Kakbah dan dinding Hijir 8,5 m. Panjang lingkaran dinding 21,5 m. Di dalam Hijir Ismail yang kecil ukurannnya itulah, orang berebutan masuk, shalat dan berdoa ,meminta apa saja sesuai dengan hajat masing-masing. Konon do’a yang paling mustajab di Hijir Ismail dilakukan di bawah talang air.
MIZAB atau Talang emas Ka'bah, adalah saluran air di bagian tembok atas Ka'bah, tepat di atas Hijir Ismail, yang dibuat untuk memperlancar, pembuangan genangan air dari atap, ketika hujan atau sewaktu proses pencucian Ka'bah. Talang Ka'bah dalam kondisinya sekarang berukuran, panjang 1,95 m, tinggi 23 cm dan lebar 26 cm, terbuat dari bahan tembaga yang dilapisi emas, sehingga sering disebut "Talang Emas". Pemasangan Mizab atau Talang Ka'bah, pertama kali dilakukan bersamaan dengan, pembuatan atap Ka'bah, oleh kaum Quraisy tahun 606 M. Menurut sebagian ulama' salaf, bahwa berdoa di bawah mizab atau talang emas Ka'bah, merupakan doa mustajabah.
Tempat ini sama mulianya dengan di dalam Ka'bah. Diriwayatkan bahwa pada suatu hari Siti Aisyah ingin sekali memasuki Ka'bah dan beribadah di dalamnya, lalu Rasulullah SAW memerintahkan masuk Hijir Ismail saja dan tidak ke dalam Ka'bah, sebab shalat atau beribadah di Hijir Ismail sama dengan di dalam Ka'bah.
Keutamaan Hijir Ismail :

  1. Hijir Ismail merupakan bagian dari Kakbah, siapa saja yang sholat didalamnya sama dengan shalat didalam Kakbah.
  2. Tidak sah tawaf seseorang kecuali sekaligus mengitari seluruh Hijir Ismail.
  3. Hijir Ismail adalah tempat mustajabah, terutama berdoa di bawah Talang Emas.
  4. Salah satu pintu surga yang mengeluarkan hawa dingin sampai hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruntung, ia akan merasakan angin surga sewaktu bertawaf melintasi Hijir Ismail.
  5. Pintu masuk ke Hijir Ismail selalu dijaga Malaikat yang selalu mendoakan ampunan dan kebaikan bagi siapa saja yang melakukan shalat sunnah mutlak di dalamnya.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Copyright © 2013. HAJI DAN UMRAH - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger