Wednesday, December 20, 2017

Jannatul Baqi’ Atau Perkuburan Baqi


Janndiatul Baqi, merupakan pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi. Jannatul Baqi, menjadi salah satu pemakaman termasyur dalam sejarah Islam, mengingat banyak orang dekat Nabi Muhammad Shallallahu-Alaihi-Wasallam.
Baqi memiliki luas sekitar 138 ribu meter persegi. Di sekitarnya, dibangun pagar tembok dengan jeruji besi yang tinggi. Baqi biasanya  dibuka pada waktu setelah Subuh hingga pukul 09.00 waktu setempat, dan setelah Ashar hingga menjelang Maghrib. Selain itu, Baqi dan komplek kuburan lainnya di Arab Saudi terlarang buat para wanita. 
Pada waktu zaman Rasulullah Shallallahu-Alaihi-Wasallam, Baqi berada di luar wilayah Madinah. Sekarang, dengan perkembangan Kota Madinah yang sangat pesat, pekuburan ini seakan sudah menyatu dengan Masjid Nabawi hanya dibatasi oleh pagar dan tembok.
Jika kita berada di Madinah, baik dalam rangkaian umroh atau haji, berziarah ke makam Baqi menjadi satu hal yang menarik dan penting, di sini dikuburkan hampir 10.000 sahabat Nabi Muhammad Shallallahu-Alaihi-Wasallam.
Jannatul Baqi, tersimpan jasad-jasad sahabat, dan sejumlah keluarga Rasulullah. Mereka di antaranya As'ad bin Zararah, Utsman bin Mazoun, Abdurrahman bin Auf, dan Sa'ad bin Abi Waqqas. Sedangkan dari keluarga Rasulullah di antaranya, Aisyah, Fatimah az-Zahra, Ruqayyah, Zainab, dan Ummi Kultsum.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Copyright © 2013. HAJI DAN UMRAH - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger